Inilah Daftar Orang Terkaya DI Dunia 2015

Orang Terkaya Di Dunia 2015 - Hurun Global Rich List 2015 merilis perkembangan terbaru tentang peringkat para taipan kelas gurita di seluruh dunia. Tercatat ada 2.089 miliuner dari 68 negara, naik 222 orang dibandingkan dengan tahun lalu. Jumlah orang terkaya ini tercatat sebagai rekor baru dunia.

Dari total orang terkaya itu, jumlah kekayaan 649 orang meningkat, 869 orang turun, 230 relalif tak berubah dan 341 orang di antaranya adalah wajah baru.

Mata uang Rusia, rubel, yang terpuruk, anjloknya harga minyak mentah dunia, sanksi ekonomi yang dijatuhkan akibat konflik Ukraina, berdampak buruk pada perekonomian Negeri Beruang Putih itu. Ini pula sebabnya 60% kekayaan para taipan Rusia ikut anjlok seperti Vladimir Yevtushenkov dan Vagit Alekperov yang kekayaannya masing-masing ambles 77% dan 73%.

Kendati jumlah orang terkaya naik 222 orang, total kekayaan para taipan ini sebenarnya menyusut 1,5% menjadi US$6,7 triliun, tetapi masih lebih besar daripada total produk domestik bruto (PDB) dua negara kaya yang digabungkan yaitu Jepang dan Korea Selatan.

Adapun, rerata umur orang-orang terkaya di dunia ini tak berubah dibandingkan dengan tahun lalu, yaitu 64 tahun. Berikut ini nama 10 orang terkaya itu:

Bill Gates, 59 tahun, bertahan pada posisi pertama orang terkaya di dunia, dengan total kekayaan US$85 miliar, naik US$17 miliar, menyusul keuntungan yang besar dari investasinya. Menariknya, seperempat dari total kekayaannya diparkir bersama Warren Buffet, melebihi nilai total sahamnya di Microsoft. Investasinya yang lain mencakup US$3,5 miliar di Facebook, milik Mark Zuckerberg yang juga masuk dalam jajaran Top 10, serta hampir US$2 miliar dari jaringan hotel Four Seasons, yang mayoritas dimiliki oleh Pangeran Alwaleed (masuk dalam 20 besar). Gates menjadi miliarder pada usia 31 tahun.

Carlos Slim Helu, 75 tahun, meraih posisi kedua orang terkaya setelah meraih penaikan 38% keuntungan dari bisnisnya America Movil, menjadi US$83 miliar. Menariknya, Slim lebih senang menyetir sendirian dan tinggal di dalam rumah yang sama selama 40 tahun. Uniknya, rumah mungil itu hanya memiliki enam kamar tidur. Slim sendiri memiliki enam orang anak.

Warren Buffet, 84 tahun, memiliki total kekayaan US$76 miliar, naik 19% sebesar US$12 miliar. Buffet termasuk orang dermawan karena telah menyumbangkan US$2,8 miliar ke Bill and Melinda Gates Foundation pada tahun lalu. Menariknya, sekitar 99% dari kekayaannya didapat setelah ulang tahunnya yang ke-50. Anaknya-anak Buffet yaitu Susan, Howard, dan Peter, menjalankan yayasan amal mereka sendiri.

Amancio Ortega, 78 tahun, memiliki total kekayaan US$55 miliar. Taipan ini terlempar dari posisi ketiga untuk pertama kalinya sejak tiga tahun lalu setelah sahamnya di Zara anjlok US$7 miliar menyusul melemahnya Euro. Ortega memiliki tiga anak.

Larry Ellison, 70 tahun, memiliki kekayaan US$54 miliar, naik 13%. Ellison adalah penandatangan The Giving Pledge, yang berkomitmen mendonasikan lebih dari separuh kekayaannya ke lembaga filantropi. Ellison diketahui memiliki ketertarikan yang tinggi pada olahraga laut. Dia punya yachts terbesar di dunia dan pada 2012 membeli salah satu pulau terbesar di Hawaii. Menariknya, Steve Jobs pernah menjadi fotografer resmi pada saat pernikahan Ellison.

Bernard Arnault, 65 tahun, bertengger pada urutan keenam dengan total kekayaan sekitar US$45 miliar dari usahanya LVMH atau turun 2% dibandingkan dengan total kekayaan pada tahun lalu. Warga negara Prancis ini memiliki lima orang anak dari dua kali pernikahannya.

Mark Zuckerberg, pada usianya yang ke-30 Mark telah menjadi anggota 10 orang terkaya di dunia dari Facebook. Kekayaan Zuckerberg melonjak 42% sehingga mengantarkannya ke singgasana nomor 7 dari posisi sebelumnya nomor 18 dunia. Pada Oktober tahun lalu, dia sempat mengejutkan banyak orang dengan kualitas pidato bahasa Chinanya ketika mengunjungi Universitas Tsinghua, China. Zuckerberg adalah lulusan salah satu SMU terbaik di Amerika yaitu Phillips Exeter Academy. Dia telah mendonasikan kekayaannya sekitar US$2 miliar.

Dieter Scwarz, 75 tahun, kekayaan orang Jerman ini melonjak 20% menjadi US$36 miliar dan berhasil masuk dalam jajaran Top 10 untuk pertama kalinya. Schwarz memiliki usaha retail dari ayahnya dan terus-menerus tumbuh signifikan. Dia dikenal sebagai sosok yang sangat rendah hati.

Charles Koch, 79 tahun, dan David Koch, 74 tahun, dua warga negara AS ini memiliki kekayaan US$36 miliar. Meski usahanya di bidang energi tak bertumbuh alias stagnan, posisinya naik satu peringkat dibandingkan sebelumnya.

Jeff Bezos dan Sheldon Adelson, terlempar dari posisi 10 besar orang terkaya dari posisi 22 menjadi 24 hanya dalam waktu setahun.

Sumber : financial.bisnis.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment